Tangkap Kesempatan Kerja Melalui Usaha Konveksi

Pelatihan menjahit ialah salah satu wujud dari aktivitas pelatihan keahlian kerja berbasis warga serta kesempatan kerja/ usaha Dinas Tenaga Kerja serta Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya. Pembukaan pelatihan dirangkaikan penyerahan dorongan mesin jahit kepada 10 koperasi partisipan pelatihan.

Bupati Muda Mahendrawan menarangkan, pelatihan ialah desain besar terhadap proses pemberdayaan yang salah satunya berbasis konveksi di warga. Program ini berjalan bersumber pada pada keadaan daerah.

“ Semacam di Sungai Raya kita petakan sebagian desa, Alhamdulillah menemukan respons serta semangat yang luar biasa dari ibu- ibu yang mau melatih diri serta dapat membentuk koperasi konveksi ini,” kata Muda dikala membuka pelatihan kejuruan menjahit di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu( 15/ 1/ 2020).

Muda berkata, desain besar yang diartikan ialah target yang diperuntukan dari visi serta misi pemberdayaan wanita buat ketahanan rumah tangga serta ekonomi keluarga di desa- desa konveksi jaket surabaya murah .

“ Ini pula ialah upaya buat memperkenalkan lapangan kerja kepada warga, paling utama kalangan wanita buat dapat berdaya dengan kemampuan sumber energi manusia serta sumber energi lokal yang terdapat,” tukasnya.

Baginya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya buat tidak cuma membagikan pelatihan serta dorongan. Tetapi pula menghasilkan pasar lokal yang jelas. Sehingga dapat meneruskan serta membuat keberadaan dari pemberdayaan keahlian berbasis konveksi berjalan dengan baik serta eksis.

“ Satu anak tiap- tiap membutuhkan 4 seragam. Mengapa kita wajib pesan keluar? Bila kita dapat melaksanakan sendiri malah kita dapat membuka lapangan kerja,” sebutnya.

Muda menguraikan dikala ini di Kabupaten Kubu Raya terdapat 10 lembaga konveksi berupa koperasi yang tersebar di beberapa kecamatan. Ke depan, hendak diupayakan buat menaikkan konveksi sehingga terus menjadi membuka kesempatan kerja untuk warga. Dia melaporkan program pemberdayaan melalui konveksi ialah inovasi simpel yang dicoba Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang bisa membuat kekuatan perekonomian warga terangkat.

“ Bila perputaran ekonomi keuangan tidak keluar, hingga kita tidak hadapi defisit. Kita betul- betul mengoptimalkan kemampuan lokal,” imbuhnya.

Muda mengaku bangga terhadap kalangan bunda yang ikut serta dalam program konveksi. Baginya, keterlibatan tersebut bagian dari upaya mempelopori cita- cita supaya Kabupaten Kubu Raya jadi kabupaten konveksi di Kalimantan Barat.

Pelatihan kejuruan menjahit diiringi 20 partisipan dari 10 koperasi yang terletak di 4 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. 4 kecamatan tersebut ialah Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Kakap, Kecamatan Rasau Jaya serta Kecamatan Sungai Ambawang.

Di peluang yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja serta Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya, Heri Supriyanto berkata, aktivitas pelatihan keahlian kerja berbasis warga kali ini dikonsentrasikan pada pelatihan kejuruan menjahit. Dia menerangkan, pelatihan kejuruan menjahit bertujuan membagikan keahlian kepada angkatan kerja potensial paling utama kalangan hawa.

“ Sehingga mereka memiliki keahlian keahlian mencukupi yang berakibat pada kenaikan taraf hidup keluarga,” jelasnya.

Heri menarangkan, pelatihan dilaksanakan sepanjang 19 hari mulai 15 Januari- 2 Februari 2020 di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta( LPKS) Mulia Perumahan Teluk Lembut Sungai Raya. Aktivitas Pelatihan kejuruan menjahit dihadiri Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Pimpinan Regu Penggerak PKK, Rosalina Muda serta Pimpinan Dharma Perempuan Persatuan, Dyah Indah Yusran.( ian)

Author: eklist.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *