Membuat Sabun Herbal: Proses Dingin

Metode Proses Dingin adalah salah satu metode asli untuk membuat sabun. Ini telah digunakan selama berabad-abad dan menggunakan proses kimia yang disebut saponifikasi. Dalam proses ini, alkali dicampur dengan minyak atau asam lemak untuk membuat sabun. Sabun yang dihasilkan sangat kaya akan gliserin, bahan pelembab yang sangat kuat. Banyak orang yang menggunakan metode ini sering melaporkan bahwa sabun memiliki busa yang jauh lebih kaya daripada sabun komersial biasa. Untuk merasakan manfaat maksimal dari sabun herbal, gunakan metode ini. Prosesnya dirangkum di bawah ini.

  1. Gunakan bagan saponifikasi untuk menghitung jumlah alkali yang dibutuhkan. Menggunakan terlalu banyak

    Minyak Kesehatan alkali menghasilkan sabun dengan pH tinggi, yang akan mengiritasi kulit. Jika tidak cukup alkali yang digunakan, sabun akan keluar berminyak. Pembuat sabun merekomendasikan penggunaan alkali 4 – 10% lebih sedikit dari yang dibutuhkan sehingga sedikit lemak berlebih yang tersisa di sabun. Lemak berlebih ini akan membawa kesehatan pada kulit.

  2. Larutkan alkali dalam air
  3. Panaskan minyak dan alkali secara terpisah sampai keduanya berada di antara 100 ° F dan 110 ° F, dan jaraknya tidak lebih dari 10 ° F.
  4. Gabungkan alkali dan minyak
  5. Aduk sampai terbentuk jejak. Trace mirip dengan viskositas. Jejak cahaya terjadi ketika campuran benar-benar tercampur dan memiliki viskositas yang ringan. Campurannya jauh lebih kental pada jejak yang lebih berat. Blender dapat digunakan untuk mempercepat proses ini
  6. Tambahkan minyak esensial, wewangian, herba, dan bahan tambahan lainnya sedikit demi sedikit, tepat

    minyak kutus kutus sebelum campuran mengental menjadi seperti puding.

  7. Tuang campuran ke dalam cetakan dan tutup dengan handuk atau selimut untuk mengisolasinya selama 18-48 jam. Jika menggunakan sabun berbahan dasar susu, jangan mengisolasi sabun karena dapat menyebabkan ASI gosong.
  8. Selama waktu ini, biasanya sabun berubah dari sabun buram menjadi agak transparan selama beberapa jam, sebelum berubah menjadi buram lagi. Ini disebut fase gel.
  9. Setelah 18-48 jam, sabun dapat dipotong menjadi batangan dan aman digunakan
  10. Untuk sabun yang lebih keras, letakkan di rak pengering agar mengering selama 2-6 minggu. Lamanya waktu tergantung pada kadar air awal. Jika menggunakan soda api dalam campuran aslinya, biarkan sabun mengering setidaknya selama empat minggu.

Metode Proses Dingin menyediakan sabun yang paling kaya dan paling enak dinikmati, yang benar-benar dibuat dari awal. Variasi bahan yang mungkin tidak terbatas. Sabun ini memiliki efek pelembab yang kuat dan bebas dari bahan kimia buatan yang keras yang ditemukan pada merek komersial. Kelemahan dari metode ini adalah sabun tidak dapat digunakan selama beberapa hari dan peralatan keselamatan, seperti sarung tangan, kacamata, dan celemek, harus dipakai, karena alkali bisa menjadi bahan kimia berbahaya dalam bentuk murni. Untuk alasan ini, Proses Dingin direkomendasikan untuk pembuat sabun yang lebih mahir.

Author: eklist.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *